BIDANG KEPEDULIAN SOSIAL

BIDANG KEPEDULIAN SOSIAL

bidang 4 new

Bidang Kepedulian Sosial

Bidang Kepedulian Sosial merupakan ujung tombak dalam penguatan eksistensi dan pencitraan positif Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI). Selain berperan aktif dalam aksi sosial, Bidang IV juga merupakan sarana penghubung untuk menjalin hubungan yang baik dengan Himpunan Mahasiswa Teknik Industri dengan Organisasi Mahasiswa di luar Teknik Industri Undip serta masyarakat umum. Bidang Kepedulian Sosial memiliki 2 bidang, yaitu Divisi Kerjasama Luar dan Divisi Pengabdian Masyarakat. Peranan penting Bidang ini dikhususkan pada peningkatan peran fungsional HMTI secara eksternal dan pada pengabdian masyarakat bagi mahasiswa Teknik Industri guna pengembangan menjadi Sumber Daya Manusia yang cerdas dan berbudi pekerti luhur.

 

PROGRAM KERJA

Divisi Kerjasama Luar

 

  1. Industrial Goes To School

Kegiatan sosialisasi mengenai departemen Teknik Industri Universitas Diponegoro kepada beberapa SMA jurusan IPA kota Semarang dan sekitarnya meliputi suasana kampus, fasilitas, mata kuliah, jenis-jenis kegiatan dan pengisian materi dari beberapa asisten laboratorium di Teknik Industri.

 

  1. IMTI (Ikatan Mahasiswa Teknik Industri)

Mengikuti forum maupun kegiatan bersama Mahasiswa Teknik Industri dari Universitas di Jawa Tengah.

 

  1. Sosialisasi IMTI (Ikatan Mahasiswa Teknik Industri)

Kegiatan untuk mensosialisasikan atau mengenalkan IMTI (Ikatan Mahasiswa Teknik Industri) kepada mahasiswa Teknik Industri UNDIP.

 

  1. Plant Visit

Kunjungan ke perusahaan yang bergerak dalam bidang manufaktur di Kota Semarang dan sekitarnya yang meliputi diskusi dan tour pabrik untuk mengenalkan lantai produksi kepada mahasiswa baru Teknik Industri UNDIP.

 

  1. Roadshow HMTI

Kegiatan kunjungan ke himpunan lain termasuk di dalamnya forum group discussion guna bertukar informasi dan menjalin relasi.

 

Divisi Pengabdian Masyarakat

 

  1. Inkubator

Pengajaran kepada anak-anak Taman Kanak-Kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD) yang diberikan dalam bentuk pembelajaran materi– materi sekolah yang diselingi dengan permainan dan hiburan.

 

  1. I-Care (Industrial Care)

Kegiatan pengabdian masyrakat oleh mahasiswa Teknik Industri pada suatu daerah dengan mengaplikasikan ilmu keteknikindustrian dalam kegiatannya untuk menjadi solusi dari permasalahan yang ada pada desa tersebut. Kegiatan yang diselenggarakan berupa penyuluhan dan simulasi.

 

  1. Donor Darah

Kegiatan yang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia yakni menyumbangkan darah untuk diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan.

 

  1. Tanggap Bencana

Menyalurkan bantuan kepada mahasiswa Teknik Industri yang tertimpa bencana atau korban bencana alam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *